Macbook Air Bakal Ada Versi 12 Inci

Apple
Apple MacBook Air

Sejak 2010, penampilan fisik MacBook Air boleh dibilang hampir tak mengalami perubahan. Selama bertahun-tahun, laptop ini mengusung faktor bentuk yang sama, dengan panel layar yang sama pula.

Hal tersebut boleh jadi akan segera berubah, karena Apple selaku produsen MacBook Air dikabarkan sedang bersiap memperbarui lini produk laptop tipis itu. 

Informasi terkini yang beredar menyebutkan bahwa sebuah model baru dengan resolusi layar 12 inci bakal ditambahkan ke keluarga MacBook Air yang selama ini terdiri dari model 11,6 dan 13,3 inci. 

Bukan cuma itu, sebagaimana dikutip dari BGR, ketiga seri laptop MacBook Air baru tersebut kabarnya bakal dibekali layar resolusi tinggi alias Retina Display. Perubahan lain mencakup sistem pendinginan fanless dan rancangan trackpad baru yang menghilangkan tombol mekanik.

Apple belakangan memang mendapat hak atas trackpad dengan sensor dan actuator yang tak memerlukan tombol fisik. Dengan begini, dimensi laptop MacBook Air yang sudah tipis bisa "dilangsingkan" lebih jauh.

Akan halnya MacBook Air 12 inci, masih belum kapan ia akan meluncur (kalaupun benar-benar ada) dan berapa harganya. Yang jelas, ini bukan merupakan kali pertama kabar tentang MacBook Air 12 inci muncul ke permukaan. 

Oktober 2013 lalu, analis KGI Securities Ming-Chi Kuo yang terkenal bisa memprediksi produk masa depan Apple dengan akurat juga pernah menyebutkan bahwa Apple berencana menambah model 12 inci ke jajaran MacBook Air.

"Kami perkirakan model 12 inci yang belum pernah ada sebelumnya ini bakal menggabungkan aspek portabilitas dari model 11 inci dan produktivitas model 13 inci," kata Kuo ketika itu. Dia juga menyebutkan bahwa display resolusi tinggi pada MacBook Air generasi mendatang bakal tampilan layarnya sebagus MacBook Pro with Retina Display.

 

Sumber  : Kompas Tekno

Image : Kompas Tekno